Senin, 15 Oktober 2012

Kebiasaan Wanita Yang Mengganggu Kesehatan

Kebiasaan Wanita Yang Mengganggu Kesehatan

Wanita seringkali melakukan kebiasaan kecil yang berbahaya bagi kesehatan. Mereka kebanyakan cuek atau memang tidak tahu tentang hal tersebut. Beberapa kebiasaan itu adalah :

Memakai hak sepatu l

ebih dari 3 cm. Sebagian besar wanita suka memakai sepatu hak tinggi (high heels) sekalipun dalam keseharian. Hak tiggi dapat mempengaruhi postur tubuh dan menekan peredaran darah. Selain itu juga memicu kondisi cedera punggung, radang sendi, dan cedera tendon. Batasi penggunaan hak sampai 1,5 cm saja dan gunakan sol untuk mengurangi tekanan pada sendi.

Membawa tas berat. Wanita terkenal dengan kompleksitasnya. Termasuk soal kebiasaan membawa banyak barang. Hal ini bisa meningkatkan risiko buruk di masa depan. Diantaranya masalah punggung serius, sakit leher, dan mempengaruhi postur tubuh. Beralihlah ke tas kecil dan jangan membawa terlalu banyak barang.

Tidur dengan make-up. Meninggalkan riasan semalaman akan berpengaruh pada kesehatan kulit wajah. Terutama menyumbat pori-pori dan membuat iritasi pada mata. Sebaiknya jangan malas membersihkan wajah sebelum tidur.

Kurang minum air putih. Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Nah, kebanyakan wanita mengabaikannya dan memilih minuman bersoda atau minuman beralkohol. Cobalah membiasakan diri minum 8 gelas sehari.

Salah pakai ukuran bra. Diperkirakan lebih dari 70 persen wanita mengenakan ukuran bra yang salah. Mengenakan bra yang tidak pas tidak hanya mempengaruhi penampilan anda, tapi penelitian menunjukkan hal itu menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti nyeri punggung, leher, nyeri payudara, kesulitan bernapas, sikap tubuh yang buruk, iritasi kulit, sirkulasi, bahkan sindrom mudah marah.

Mudah cemas dan sering menyesal. Dua hal itu memicu stres. Stres merusak kesehatan fisik dan mental. Wanita dua kali lebih rentan terkena stres dibanding pria. Efeknya juga buruk karena gampang terserangpenyakit berbahaya seperti jantung, darah tinggi, dan diabetes.

Terobsesi pada penampilan. Wanita seringkali tidak percaya diri dengan bentuk tubuhnya sendiri. Mereka selalu ingin tampil sempurna. Sebuah studi menemukan bahwa 90 persen perempuan ingin mengubah penampilannya. Celakanya, banyak wanita yang memilih jalan operasi plastik sampai diet ekstrim yang berpotensi buruk bagi kesehatan.

Melampiaskan stres dengan banyak makan.Sebuah penelitan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa wanita lebih senang melampiaskan emosi dan stres dengan makanan yang manis. Jika kadarnya terlalu banyak, maka bisa mengakibatkan penyakit berbahaya, terutama diabetes.

Kurang tidur. Tak hanya menyebabkan kantung mata, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian di University of Michigan menyebutkan bahwa wanita dua kali lipat kurang tidur dibanding pria.

Sering menuruti keinginan orang lain dibanding dirinya sendiri. Wanita kadang harus belajar menyisihkan waktu untuk dirinya sendiri agar tidak stres dan santai menjalani hidup. Luangkan waktu ‘me time’ seminggu sekali untuk mendapatkan kehidupan yang sehat. Tips Hidup Sehat

0 komentar:

Posting Komentar